Sehat adalah keadaan sejahtera, baik dari segi
badan, mental spiritual (dirinya sendiri) maupun segi sosial budaya
(lingkungannya). Sehat merupakan kehendak semua pihak, tidak hanya oleh perorangan, tetapi oleh keluarga, kelompok dan masyarakat. Keadaan sehat membutuhkan banyak
hal, salah satu diantaranya adalah menyelenggarakan pelayanan kesehatan (Azwar,
1996). Pelayanan
kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau bersama-sama
dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan
perseorangan, keluarga, kelompok ataupun masyarakat (Leevey dan Loomba, 1973
dalam Azwar,1996). Bentuk dan jenis pelayanan kesehatan ada dua, yaitu
pelayanan kedokteran dan pelayanan kesehatan masyarakat. Pelayanan kesehatan
yang termasuk dalam kelompok pelayanan kedokteran (medical services) ditandai dengan cara pengorganisasian yang dapat
bersifat sendiri (solo practice) atau
secara bersama-sama dalam satu organisasi (institution).
Tujuan utamanya untuk menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatan serta
sasaran utamanya untuk perseorangan dan keluarga. Pelayanan kesehatan
masyarakat ditandai dengan cara pengorganisasian yang umumnya secara
bersama-sama dalam suatu organisasi, tujuan utamanya adalah memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah
penyakit, sasaran utamanya untuk
kelompok dan masyarakat (Hodgetts dan Cascio, 1983 dalam Azwar, 1996).
Rumah sakit sebagai salah satu sarana kesehatan yang
memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, memiliki peran yang sangat
strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat, oleh
karena itu rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu sesuai
dengan standar yang ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat
(Keputusan Menteri Kesehatan No. 228/2002). Rumah Sakit Gigi
dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember (RSGM FKG Universitas Jember)
merupakan rumah sakit khusus, karena hanya memberikan satu jenis pelayanan
kesehatan yaitu kesehatan gigi dan mulut. RSGM FKG Universitas Jember mengharapkan agar
tuntutan masyarakat terhadap peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat
terpenuhi, maka rumah sakit merupakan sarana pelayanan yang paling dibutuhkan,
karena memberikan pelayanan secara optimal dari tingkat dasar hingga paling
canggih.
Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan
kesehatan lainnya, sangat membutuhkan sarana pelayanan kesehatan yang komprehensif
dan multifungsional berupa rumah sakit gigi dan mulut sebagai pusat rujukan
bagi pelayanan kesehatan gigi, lahan pendidikan dan penelitian. Peningkatan
standar pelayanan kesehatan dari RSGM FKG Universitas Jember dibutuhkan agar RSGM dapat memberikan
pelayanan kepada masyarakat dengan mutu pelayanan yang memenuhi standar
pelayanan yang berlaku (Depkes RI, 2003).
Penilaian adalah
suatu proses yang teratur dan sistematis dalam membandingkan hasil yang dicapai
dengan tolok ukur atau kriteria yang telah ditetapkan, dilanjutkan dengan
pengambilan kesimpulan serta penyusunan saran-saran yang dapat dilakukan pada
setiap tahap dari pelaksanaan program (The International Clearing House on
Adolescent Fertility Control for Population Options dalam Azwar, 1996). Penilaian
tentang standar pelayanan rumah sakit melalui kepatuhan prosedur kerja di RSGM
FKG Universitas Jember merupakan
salah satu upaya evaluasi hasil karya tenaga kerja dengan membandingkan
terhadap standar. Penilaian prestasi harus melibatkan seluruh jajaran
organisasi, penilaian harus mengetahui benar aspek yang berkaitan dengan tugas,
tanggung jawab tenaga kerja dan mengetahui kriteria yang akan dinilai, terlebih dahulu harus ditetapkan instrumen
penilaian prestasi kerja (Darmanto, 1997).
RSGM FKG Universitas Jember merupakan
salah satu rumah sakit pendidikan dengan rata-rata kunjungan per hari 118 orang
dan jumlah total kunjungan dalam 1 tahun adalah 25.759 orang. Jumlah tersebut
sudah melebihi standar minimal rata-rata kunjungan yang telah ditetapkan. Dewi
Irin (2005), menyatakan bahwa 85,7% responden menyatakan puas dengan pelayanan
yang diberikan RSGM FKG Universitas Jember. Iin Rahmawati (2006) menyatakan
bahwa pelayanan kesehatan gigi dan mulut di RSGM belum baik, karena hanya 41,8%
responden yang menjawab baik. Dengan jumlah pasien setiap tahun yang terus
meningkat, penulis ingin mengetahui apakah pelayanan yang diberikan kepada
pasien sudah mematuhi standar pelayanan yang berlaku.
Penelitian
tentang penilaian standar pelayanan rumah sakit melalui kepatuhan prosedur
kerja dilakukan di RSGM
FKG Universitas Jember untuk mengetahui standar pelayanan rumah sakit yang
diukur dari kepatuhan prosedur kerja yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat
profesi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.
Password : juni
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berkomentarlah Yang Sopan Dan Kami Sangat tidak menghargai Komentar SPAM